July 24, 2021
Breaking News

Steve Martin, Aktor Komedian Amerika Yang Telah Mendapatkan 5 Grammy Award

Steve Martin, Aktor Komedian Amerika Yang Telah Mendapatkan 5 Grammy Award – Stephen Glenn Martin (lahir 14 Agustus 1945) adalah aktor, komedian, penulis, produser, dan musisi Amerika. Selama karirnya yang terhormat, ia telah mendapatkan lima Grammy Awards, Primetime Emmy Award, dan dianugerahi Honorary Academy Award di Academy’s 5th Annual Governors Awards pada tahun 2013.

Steve Martin, Aktor Komedian Amerika Yang Telah Mendapatkan 5 Grammy Award

gonemovies – Di antara banyak penghargaan, ia telah menerima Penghargaan Mark Twain untuk Humor Amerika, Penghargaan Kennedy Center, dan Penghargaan Prestasi Hidup AFI. Pada tahun 2004, Comedy Central menempatkan Martin di tempat keenam dalam daftar 100 komik stand-up terbaik.

Baca Juga : Perjalanan Karir Russell Crowe, Aktor Terkenal Asal Selandia Baru

Martin menjadi perhatian publik pada 1960-an sebagai penulis untuk The Smothers Brothers Comedy Hour, dan kemudian sebagai pembawa acara yang sering di Saturday Night Live. Pada 1970-an, Martin menampilkan rutinitas komedi absurd dan anehnya sebelum memadati rumah-rumah dalam tur nasional.

Sejak 1980-an, setelah bercabang dari komedi, Martin telah menjadi aktor yang sukses, membintangi film-film seperti The Jerk (1979), Dead Men Don’t Wear Plaid (1982), The Man with Two Brains (1983), Three Amigos , Little Shop of Horrors (keduanya 1986), Roxanne, Planes, Trains and Automobiles (keduanya 1987), Dirty Rotten Scoundrels (1988), dan LA Story (1991).

Dia juga membintangi sebagai patriark keluarga di Parenthood (1989), film Father of the Bride (1991–1995), dan film Cheaper by the Dozen (2003–2005). Martin juga memerankan Inspektur Clouseau dalam pembuatan ulang Pink Panther. Pada tahun 2009 ia membintangi komedi romantis Nancy Meyers It’s Complicated bersama Meryl Streep dan Alec Baldwin.

Martin juga dikenal karena menulis buku dan lirik untuk musikal Bright Star (2016), dan komedi Meteor Shower (2017) yang keduanya tayang perdana di Broadway. Meskipun ia telah bermain banjo sejak usia dini, dan memasukkan musik dalam rutinitas komedinya sejak awal karir profesionalnya, ia semakin mendedikasikan karirnya pada musik sejak tahun 2000-an.

Sedikit berakting dan menghabiskan sebagian besar kehidupan profesionalnya bermain banjo, merekam , dan tur dengan berbagai aksi bluegrass, termasuk Earl Scruggs, dengan siapa dia memenangkan Grammy untuk Best Country Instrumental Performance pada tahun 2002. Dia merilis album musik solo pertamanya, The Crow: New Songs for the 5-String Banjo, pada tahun 2009, untuk yang ia memenangkan Grammy Award untuk Best Bluegrass Album.

Masa muda

Martin lahir pada 14 Agustus 1945 di Waco, Texas, putra Mary Lee (nee Stewart; 1913–2002) dan Glenn Vernon Martin (1914–1997), seorang penjual real estat dan calon aktor. Martin adalah keturunan Inggris, Skotlandia, Welsh, Skotlandia-Irlandia, Jerman dan Prancis, dan dibesarkan di Inglewood, California, dengan saudari Melinda Martin, dan kemudian di Garden Grove, California, dalam keluarga Baptis.

Martin adalah seorang pemandu sorak dari Garden Grove High School. Salah satu kenangan paling awal adalah melihat ayahnya, sebagai tambahan, menyajikan minuman di atas panggung di Call Board Theatre di Melrose Place.

Selama Perang Dunia II, di Inggris, ayah Martin muncul dalam produksi Our Town bersama Raymond Massey. Mengekspresikan kasih sayangnya melalui hadiah, seperti mobil dan sepeda, ayah Martin keras, dan tidak terbuka secara emosional kepada putranya. Dia bangga tetapi kritis, dengan Martin kemudian mengingat bahwa di masa remajanya perasaannya terhadap ayahnya sebagian besar adalah kebencian.

Itu berlangsung selama tiga tahun (1955-1958). Selama waktu luangnya, ia sering mengunjungi toko Main Street Magic, di mana trik didemonstrasikan kepada pelanggan. Saat bekerja di Disneyland, ia ditangkap di latar belakang film rumah yang dibuat menjadi film subjek pendek Disneyland Dream, yang kebetulan menjadi penampilan film pertamanya.

Pada tahun 1960, ia telah menguasai beberapa trik sulap dan ilusi dan mengambil pekerjaan yang dibayar di toko Magic di Fantasyland pada bulan Agustus. Di sana ia menyempurnakan bakatnya untuk sihir, juggling, dan menciptakan hewan balon dengan cara mentor Wally Boag sering tampil untuk tip.

Dalam biografi resminya, teman dekatnya Morris Walker menunjukkan bahwa Martin dapat “digambarkan paling akurat sebagai seorang agnostik dia jarang pergi ke gereja dan tidak pernah terlibat dalam agama yang terorganisir atas kemauannya sendiri”. Di awal usia 20-an, Martin berkencan dengan Melissa Trumbo, putri novelis dan penulis skenario Dalton Trumbo.

Komedi

Setelah SMA, Martin kuliah di Santa Ana College, mengambil kelas drama dan puisi bahasa Inggris. Di waktu luangnya, ia bekerja sama dengan teman dan teman sekelas di Sekolah Menengah Taman Grove Kathy Westmoreland untuk berpartisipasi dalam komedi dan produksi lainnya di Teater Sangkar Burung.

Dia bergabung dengan rombongan komedi di Knott’s Berry Farm. Kemudian, dia bertemu aktris pemula Stormie Sherk, dan mereka mengembangkan rutinitas komedi dan terlibat asmara. Pengaruh Sherk menyebabkan Martin mendaftar ke California State University, Long Beach, untuk mendaftar di jurusan filsafat. Sherk mendaftar di UCLA, sekitar satu jam perjalanan ke utara, dan jarak akhirnya menyebabkan mereka menjalani kehidupan yang terpisah.

Karir akting

Pada akhir 1970-an, Martin telah memperoleh jenis pengikut yang biasanya disediakan untuk bintang rock, dengan penampilan turnya biasanya terjadi di arena yang terjual habis yang dipenuhi oleh puluhan ribu penggemar yang berteriak. Tapi tidak diketahui oleh penontonnya, stand-up comedy adalah “kebetulan” baginya; tujuan sebenarnya adalah untuk masuk ke film.

Martin memiliki peran kecil dalam film 1972 Another Nice Mess. Penampilan film substansial pertamanya adalah dalam film pendek berjudul The Absent-Minded Waiter (1977). Film berdurasi tujuh menit, juga menampilkan Buck Henry dan Teri Garr, ditulis oleh dan dibintangi oleh Martin. Film ini dinominasikan untuk Academy Award sebagai Film Pendek Terbaik, Aksi Langsung.

Dia membuat penampilan film fitur substansial pertamanya di musikal Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band, di mana dia menyanyikan “Maxwell’s Silver Hammer” milik The Beatles. Pada tahun 1979, Martin membintangi film komedi The Jerk, disutradarai oleh Carl Reiner, dan ditulis oleh Martin, Michael Elias, dan Carl Gottlieb. Film ini sukses besar, meraup lebih dari $100 juta dengan anggaran sekitar $4 juta.

Stanley Kubrick bertemu dengannya untuk membahas kemungkinan Martin membintangi versi komedi obeng dari Traumnovelle (Kubrick kemudian mengubah pendekatannya terhadap materi, yang hasilnya adalah Eyes Wide Shut 1999). Martin adalah produser eksekutif untuk Domestic Life, serial televisi prime-time yang dibintangi temannya Martin Mull, dan serial larut malam berjudul Twilight Theater.

Hal itu mendorong Martin untuk mencoba film serius pertamanya, Pennies from Heaven (1981), berdasarkan serial BBC 1978 karya Dennis Potter. Dia sangat ingin tampil di film karena keinginannya untuk menghindari typecast. Untuk mempersiapkan film itu, Martin mengambil pelajaran akting dari sutradara Herbert Ross dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk belajar tap dance. Film ini mengalami kegagalan finansial; Komentar Martin pada saat itu adalah “Saya tidak tahu apa yang harus disalahkan, selain saya dan bukan komedi.”

Martin berada di tiga film komedi arahan Reiner lagi setelah The Jerk: Dead Men Don’t Wear Plaid pada tahun 1982, The Man with Two Brains pada tahun 1983 dan All of Me pada tahun 1984, penampilannya yang paling diakui secara kritis hingga saat itu.

Pada tahun 1986, Martin bergabung dengan sesama veteran Saturday Night Live Martin Short dan Chevy Chase di ¡Three Amigos!, disutradarai oleh John Landis, dan ditulis oleh Martin, Lorne Michaels, dan penyanyi-penulis lagu Randy Newman.

Awalnya berjudul The Three Caballeros dan Martin akan bekerja sama dengan Dan Aykroyd dan John Belushi. Pada tahun 1986, Martin berada dalam versi film musikal film hit Off-Broadway bermain Little Shop of Horrors (berdasarkan film B yang terkenal), memerankan dokter gigi sadis, Orin Scrivello.

Film ini adalah yang pertama dari tiga film yang menggabungkan Martin dengan Rick Moranis. Pada tahun 1987, Martin bergabung dengan komedian John Candy dalam film John Hughes Planes, Trains and Automobiles. Pada tahun yang sama, Roxanne, film adaptasi Cyrano de Bergerac yang ditulis bersama Martin, memenangkannya Writers Guild of America Award. Itu juga mendapat pengakuan dari Hollywood dan publik bahwa dia lebih dari seorang komedian.

Pada tahun 1988, ia tampil dalam film Frank Oz Dirty Rotten Scoundrels, sebuah remake dari Bedtime Story, bersama Michael Caine. Juga pada tahun 1988, ia muncul di Mitzi E. Newhouse Theatre di Lincoln Center dalam kebangkitan Menunggu Godot disutradarai oleh Mike Nichols. Dia memerankan Vladimir, dengan Robin Williams sebagai Estragon dan Bill Irwin sebagai Lucky.

Martin membintangi film Ron Howard Parenthood, dengan Rick Moranis pada tahun 1989. Dia kemudian kembali bekerja sama dengan Moranis dalam komedi Mafia My Blue Heaven (1990). Pada tahun 1991, Martin membintangi dan menulis L.A. Story, sebuah komedi romantis, di mana pemeran utama wanita dimainkan oleh istrinya saat itu, Victoria Tennant.

Martin juga muncul di Grand Canyon karya Lawrence Kasdan, di mana ia berperan sebagai produser film Hollywood yang terluka parah, Davis, yang pulih dari perampokan traumatis yang membuatnya terluka, yang merupakan peran yang lebih serius baginya.

Martin juga membintangi remake komedi Father of the Bride pada 1991 (diikuti oleh sekuel pada 1995) dan komedi Housesitter 1992, dengan Goldie Hawn dan Dana Delany. Pada tahun 1994, ia membintangi A Simple Twist of Fate; sebuah film adaptasi dari Silas Marner.

Dalam film thriller 1997 David Mamet The Spanish Prisoner, Martin memainkan peran yang lebih gelap sebagai orang asing kaya yang menaruh minat curiga pada pekerjaan seorang pengusaha muda (Campbell Scott). Dia melanjutkan untuk membintangi Eddie Murphy dalam komedi 1999 Bowfinger, yang juga ditulis Martin.

Pada tahun 1998, tamu Martin membintangi U2 dalam episode ke-200 The Simpsons berjudul “Trash of the Titans”, memberikan suara untuk komisaris sanitasi Ray Patterson. Pada tahun 1999, Martin dan Hawn membintangi remake komedi Neil Simon tahun 1970, The Out-of-Towners.

Pada tahun 2003, Martin menduduki peringkat keempat dalam daftar bintang box office, setelah membintangi Bringing Down The House dan Cheaper by the Dozen, yang masing-masing menghasilkan lebih dari $130 juta di bioskop AS. Pada tahun yang sama, ia juga memerankan Tuan Ketua yang jahat dalam campuran animasi/live action, Looney Tunes: Back in Action.

Pada 2005, Martin menulis dan membintangi Shopgirl, berdasarkan novelnya sendiri (2000), dan membintangi Cheaper by the Dozen 2. Pada 2006, ia membintangi hit box office The Pink Panther, sebagai Inspektur Clouseau yang kikuk. Dia mengulangi peran dalam The Pink Panther 2 tahun 2009 Ketika digabungkan, kedua film tersebut meraup lebih dari $230 juta di box office.

Baca Juga : Edie Adams, Aktor Komedi Yang Memenangkan Tony Award dan Nominator Emmy Award

Di Baby Mama (2008), Martin berperan sebagai pendiri perusahaan makanan kesehatan, dan di It’s Complicated (2009), ia bermain sebagai lawan main Meryl Streep dan Alec Baldwin. Pada tahun 2009, sebuah artikel di The Guardian mencantumkan Martin sebagai salah satu aktor terbaik yang tidak pernah menerima nominasi Oscar.

Pada tahun 2011, ia muncul bersama Jack Black, Owen Wilson, dan JoBeth Williams dalam komedi birdwatching The Big Year. Setelah tiga tahun hiatus, Martin kembali pada tahun 2015 ketika ia menyuarakan peran dalam film animasi Home. Pada tahun 2016, ia memainkan peran pendukung dalam drama perang Long Halftime Walk karya Billy Lynn.