July 24, 2021
Breaking News

Perjalanan Karir Helena Bonham Carter, Aktris Terkenal Asal Inggris

Perjalanan Karir Helena Bonham Carter, Aktris Terkenal Asal Inggris – Helena Bonham Carter CBE (lahir 26 Mei 1966) adalah seorang aktris Inggris. Dikenal karena perannya dalam film independen dan blockbuster skala besar, dia adalah penerima penghargaan seperti British Academy Film Award, tiga Screen Actors Guild Awards, dan nominasi untuk dua Academy Awards, sembilan Golden Globe Awards, empat Primetime Emmy Awards dan empat Penghargaan Televisi Akademi Inggris.

Perjalanan Karir Helena Bonham Carter, Aktris Terkenal Asal Inggris

gonemovies – Bonham Carter memulai karir filmnya dengan memerankan Lucy Honeychurch di A Room with a View (1985) dan karakter judul dalam Lady Jane (1986). Peran awal periode melihat typecast sebagai perawan “mawar Inggris”, label dia tidak nyaman .

Baca Juga : Meryl Streep, Aktris Terbaik di Generasinya Yang Memenangkan Banyak Penghargaan

Dia terkenal karena busananya yang eksentrik, estetika gelap, dan sering memerankan wanita unik. Untuk perannya sebagai Kate Croy dalam The Wings of the Dove (1997), Bonham Carter menerima nominasi Academy Award untuk Aktris Terbaik, dan untuk perannya sebagai Ratu Elizabeth Ibu Suri dalam Pidato Raja (2010), ia memenangkan BAFTA award untuk Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung, dan dinominasikan untuk Penghargaan Akademi untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Filmnya yang lain termasuk Hamlet (1990), Howards End (1992), Mary Shelley’s Frankenstein (1994), Mighty Aphrodite (1995), Fight Club (1999), Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit (2005), Harry Seri Potter (2007-11) sebagai Bellatrix Lestrange, Great Expectations (2012) sebagai Miss Havisham, Les Misérables (2012), Cinderella (2015), Ocean’s 8 (2018) dan Enola Holmes (2020).

Kolaborasinya dengan sutradara Tim Burton termasuk Big Fish (2003), Corpse Bride (2005), Charlie and the Chocolate Factory (2005), Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007) sebagai Mrs. Lovett, Alice in Wonderland (2010 ) sebagai Ratu Merah, dan Bayangan Gelap (2012).

Untuk perannya sebagai penulis anak-anak Enid Blyton dalam film biografi BBC Four Enid (2009), ia memenangkan Penghargaan Emmy Internasional 2010 untuk Aktris Terbaik dan dinominasikan untuk Penghargaan Televisi Akademi Inggris untuk Aktris Terbaik.

Film televisinya yang lain termasuk Fatal Deception: Mrs. Lee Harvey Oswald (1993), Live from Baghdad (2002), Toast (2010), dan Burton & Taylor (2013). Mulai tahun 2019, ia memerankan Putri Margaret di musim ketiga dan keempat The Crown.

Kehidupan awal

Bonham Carter lahir di Islington, London. Ayahnya, Raymond Bonham Carter, yang berasal dari keluarga politik Inggris terkemuka, adalah seorang bankir pedagang dan menjabat sebagai direktur alternatif Inggris yang mewakili Bank of England di Dana Moneter Internasional di Washington, DC, selama tahun 1960-an.

Ibunya, Elena (nee Propper de Callejon), adalah seorang psikoterapis yang berlatar belakang Spanyol dan sebagian besar Yahudi, dan orang tuanya adalah diplomat Eduardo Propper de Callejón dari Spanyol dan pelukis Baroness Helene Fould-Springer. Nenek dari pihak ayah Bonham Carter adalah politisi dan feminis Violet Bonham Carter, putri H. H. Asquith, Perdana Menteri Inggris selama paruh pertama Perang Dunia Pertama.

Bonham Carter adalah anak bungsu dari tiga bersaudara, dengan dua saudara laki-laki, Edward dan Thomas. Mereka dibesarkan di Golders Green dan dia dididik di South Hampstead High School, dan menyelesaikan A-levelnya di Westminster School. Bonham Carter ditolak masuk ke King’s College, Cambridge, karena pejabat perguruan tinggi takut bahwa dia akan pergi selama kursus untuk mengejar karir aktingnya.

Segera setelah itu, pengalaman ibunya dalam terapi membuatnya menjadi psikoterapis sendiri. Bonham Carter sejak itu membayarnya untuk membaca naskahnya dan menyampaikan pendapat tentang motivasi psikologis karakter. Lima tahun setelah ibunya sembuh, ayahnya didiagnosis dengan neuroma akustik.

Dia menderita komplikasi selama operasi pengangkatan tumor yang menyebabkan stroke sehingga dia setengah lumpuh dan menggunakan kursi roda. Dengan saudara laki-lakinya di perguruan tinggi, Bonham Carter ditinggalkan untuk membantu ibunya mengatasi. Dia kemudian mempelajari gerakan dan tingkah laku ayahnya untuk perannya dalam The Theory of Flight.Dia meninggal pada Januari 2004.

Awal dan terobosan

Bonham Carter, yang tidak memiliki pelatihan akting formal, memasuki lapangan memenangkan kontes menulis nasional (1979) dan menggunakan uang tersebut untuk membayar masuk ke direktori Spotlight aktor. Dia membuat debut akting profesionalnya pada usia 16 tahun dalam sebuah iklan televisi. Dia juga memiliki peran kecil dalam film TV 1983 A Pattern of Roses.

Peran film utama pertama Bonham Carter adalah sebagai Lady Jane Grey dalam Lady Jane (1986), yang mendapat tinjauan beragam oleh para kritikus. Peran terobosannya adalah Lucy Honeychurch di A Room with a View (1985), yang difilmkan setelah Lady Jane tetapi dirilis dua bulan sebelumnya. Dia juga muncul dalam episode Miami Vice sebagai minat cinta Don Johnson selama musim 1986-87 dan kemudian, pada tahun 1987 dengan Dirk Bogarde dalam The Vision, Stewart Granger dalam A Hazard of Hearts dan John Gielgud dalam Getting It Right.

Bonham Carter awalnya berperan dalam peran Bess McNeill di Breaking the Waves, tetapi mundur selama produksi karena “eksposur fisik dan psikis karakter yang menyakitkan”, menurut Roger Ebert. Peran pergi ke Emily Watson, yang dinominasikan untuk Academy Award untuk penampilannya.

Film-film awalnya membuatnya menjadi typecast sebagai “ratu korset” dan “mawar Inggris”, memainkan karakter sebelum dan awal abad ke-20, terutama dalam film Merchant Ivory. Tidak nyaman dengan gambar ini, dia menyatakan: “Saya terlihat, seperti yang dikatakan seseorang, seperti tupai yang membengkak”.

Pada tahun 1994, Bonham Carter muncul dalam urutan mimpi selama seri kedua dari sitkom Inggris Absolutely Fabulous, sebagai putri Edina Monsoon, Saffron, yang biasanya diperankan oleh Julia Sawalha. Sepanjang seri, referensi dibuat untuk kemiripan Saffron dengan Bonham Carter.

Bonham Carter berbicara bahasa Prancis dengan lancar dan membintangi film Prancis tahun 1996 berjudul Portraits chinois. Pada tahun yang sama, dia memerankan Olivia dalam Twelfth Night versi film Trevor Nunn. Salah satu poin tertinggi dari karir awalnya adalah penampilannya sebagai Kate Croy yang licik dalam film adaptasi The Wings of the Dove tahun 1997 yang sangat diakui secara internasional dan menjaringkan nominasi Golden Globe dan Academy Award pertamanya.

Keberhasilan lebih lanjut dan pengakuan arus utama

Pada Agustus 2001, dia tampil di Maxim. Dia memainkan Ratu Inggris keduanya ketika dia berperan sebagai Anne Boleyn dalam serial mini ITV1 Henry VIII. Namun, perannya dibatasi, karena dia hamil dengan anak pertamanya pada saat pembuatan film.

Dia adalah anggota juri Festival Film Cannes 2006 yang dengan suara bulat memilih The Wind That Shakes the Barley sebagai film terbaik.

Pada Mei 2006, Bonham Carter meluncurkan lini busananya sendiri, “The Pantaloonies”, dengan desainer pakaian renang Samantha Sage. Koleksi pertama mereka, yang disebut Bloomin ‘Bloomers, adalah kamisol, topi mafia, dan pof gaya Victoria. Duo ini mengerjakan jeans khusus Pantaloonies, yang digambarkan Bonham Carter sebagai “semacam lembar memo di pantat”.

Bonham Carter memerankan Bellatrix Lestrange dalam empat film terakhir Harry Potter (2007-2011). Saat syuting Harry Potter dan Orde Phoenix, dia secara tidak sengaja memecahkan gendang telinga Matthew Lewis (berperan sebagai Neville Longbottom) ketika dia memasukkan tongkatnya ke telinganya.

Baca Juga : Kisah Perjalanan Karir Adele Laurie Blue Adkins yang kerap disapa dengan nama  Adele

Bonham Carter menerima ulasan positif sebagai Bellatrix, yang digambarkan sebagai “bakat yang bersinar tapi kurang dimanfaatkan”. Dia memainkan Nyonya Lovett, kaki tangan asmara Sweeney Todd (Johnny Depp), dalam film yang diadaptasi dari musikal Broadway karya Stephen Sondheim, Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street, disutradarai oleh Tim Burton.

Bonham Carter menerima nominasi Golden Globe untuk Aktris Terbaik untuk penampilannya. Dia memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di Penghargaan Film Inggris Standar Malam 2007 untuk penampilannya di Sweeney Todd dan Conversations With Other Women, bersama dengan penghargaan Aktris Terbaik lainnya di Empire Awards 2009. Bonham Carter juga muncul di film Terminator keempat, berjudul Terminator Salvation, memainkan peran kecil tapi penting.