July 24, 2021
Breaking News

Perjalanan Karir Diane Lane Aktris Amerika Yang Memulai Debutnya Pada Usia 13 Tahun

Perjalanan Karir Diane Lane Aktris Amerika Yang Memulai Debutnya Pada Usia 13 Tahun – Diane Colleen Lane adalah seorang aktris Amerika. Lahir dan besar di New York, ia membuat debut filmnya pada usia 13 tahun dalam A Little Romance (1979) karya George Roy Hill. Untuk penampilan debutnya, ia menjadi penerima pertama penghargaan artis muda untuk aktris muda pemeran utama terbaik dalam film fitur pada upacara Penghargaan Pemuda dalam Film ke-1.

Perjalanan Karir Diane Lane Aktris Amerika Yang Memulai Debutnya Pada Usia 13 Tahun

gonemovies – Sepanjang karirnya yang luas selama lebih dari empat dekade, Lane telah muncul dalam empat film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola, The Outsiders (1983), Rumble Fish (1983), The Cotton Club (1984) dan Jack (1996). Dia juga dikenal karena memainkan peran berulang Martha Kent, ibu angkat Kal-El / Clark Kent alias Superman, di Man of Steel (2013), Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), Justice League (2017) dan Liga Keadilan Zack Snyder (2021).

Baca Juga : Helen Hunt, Aktris Amerika Yang Mendapat Berbagai Penghargaan Bergengsi

Dua film yang bisa melambungkannya menjadi bintang film, Streets of Fire (1984) dan The Cotton Club, gagal di box-office dan akibatnya karirnya merana. Pada tahun 1987, Lane kembali dari jeda dua tahun dengan peran dalam Lady Beware dan The Big Town, dan pada tahun 1989, ia menerima Primetime Emmy Award untuk aktris utama luar biasa dalam seri terbatas atau nominasi film untuk penampilannya di televisi yang diakui secara kritis.

Miniseri Lonesome Dove. Dia mendapatkan pengakuan lebih lanjut satu dekade kemudian untuk penampilannya di A Walk on the Moon (1999). Pada tahun 2002, Lane secara kritis dipuji dan dihormati atas penampilannya di Unfaithful, yang membuatnya mendapatkan Penghargaan Masyarakat Kritikus Film Nasional, Penghargaan Lingkaran Kritikus Film New York dan Penghargaan Satelit untuk Aktris Terbaik.

Itu juga mengumpulkan nominasi Academy Award, Critics’ Choice Movie Award, Golden Globe Award dan Screen Actors Guild Award dalam kategori Aktris Terbaik. Untuk penampilannya di Under the Tuscan Sun (2003), Lane kembali dipuji oleh para kritikus dan membuatnya mendapatkan nominasi Golden Globe Award lainnya.

Kredit film Lane lainnya termasuk Touched by Love (1980), Ladies and Gentlemen, The Fabulous Stains (1982), My New Gun (1992), Chaplin (1992), Judge Dredd (1995), Wild Bill (1995), My Dog Skip (2000), The Perfect Storm (2000), Fierce People (2005), Must Love Dogs (2005), Hollywoodland (2006), Untraceable (2008), Nights in Rodanthe (2008), Secretariat (2010), Every Secret Thing ( 2014), Inside Out (2015), Trumbo (2015), Paris Can Wait (2016), Mark Felt: The Man Who Brought Down the White House (2017), Serenity (2019) dan Let Him Go (2020).

Peran televisinya termasuk Janda Konfederasi Hidup Tertua Menceritakan Semua (1994), A Streetcar Named Desire (1995), Cinema Verite (2011), The Romanoffs (2018), House of Cards (2018) dan Y: The Last Man (2021). Dia menikah dua kali, dengan aktor Christopher Lambert 1988-1994 dan Josh Brolin 2004-2013.

Diane Colleen Lane lahir di New York City pada 22 Januari 1965. Ibunya, Colleen Leigh Farrington, adalah seorang model, penyanyi klub malam dan Playboy Playmate (Miss October 1957), yang juga dikenal sebagai Colleen Price. Ayahnya, Burton Eugene Lane, adalah seorang pelatih drama yang menjalankan sebuah studio akting di Manhattan dengan John Cassavetes, bekerja sebagai sopir taksi, dan kemudian mengajar humaniora di City College.

Ketika Lane berusia 13 hari, orang tuanya berpisah. Colleen pergi ke Meksiko dan bercerai sambil mempertahankan hak asuh Lane sampai dia berusia enam tahun. Burton menerima hak asuh Lane setelah Colleen pindah ke Georgia. Lane tinggal bersama Burton di sejumlah hotel perumahan di New York City dan sering naik taksi bersamanya.

Ketika Lane berusia 15 tahun, dia menyatakan kemerdekaannya dari ayahnya dan terbang ke Los Angeles selama seminggu dengan aktor dan temannya Christopher Atkins, dengan siapa dia membintangi film televisi Child Bride of Short Creek (1981). Lane kemudian berkomentar, “Itu adalah perilaku sembrono yang berasal dari terlalu banyak kemandirian terlalu muda.”

Dia kembali ke New York dan pindah dengan keluarga seorang teman, membayar mereka sewa. Pada tahun 1981, ia mendaftar di sekolah menengah setelah mengambil kursus korespondensi. Namun, Colleen menculiknya dan membawanya kembali ke Georgia. Lane dan Burton menantang Colleen di pengadilan, dan enam minggu kemudian, dia kembali ke New York. Lane tidak berbicara dengan ibunya selama tiga tahun berikutnya, tetapi mereka akhirnya berdamai.

1971–1985, Pekerjaan awal dan terobosan

Pada usia 6 tahun, Lane mendapatkan peran akting pertamanya dalam produksi Medea tahun 1971 dari La MaMa Experimental Theatre Club, di mana ia memerankan putri Medea. Sejak saat itu hingga 1976, ia tampil bersama La MaMa di New York dan melakukan tur bersama mereka di luar negeri.

Beberapa drama yang ia mainkan termasuk The Trojan Women, Electra, The Good Woman of Szechuan karya Bertolt Brecht, Blood Wedding karya Federico García Lorca, The Silver Queen karya Paul Foster, dan As You Like It karya William Shakespeare.

Sebagian besar drama ini disutradarai dan/atau diadaptasi oleh Andrei erban dan Elizabeth Swados. Dari tahun 1976 hingga 1977, Lane muncul di The Cherry Orchard dan Agamemnon di Vivian Beaumont Theatre New York. Setelah berpartisipasi dalam produksi pertama Runaways ketika berada di luar Broadway, Lane mengambil jeda selama satu dekade dari teater hingga 1989.

Nenek Lane, Eleanor Scott, adalah seorang pengkhotbah Pantekosta dari denominasi Apostolik, dan Lane dipengaruhi secara teatrikal oleh kualitas demonstratif khotbah neneknya. Lane mulai berakting secara profesional pada usia enam tahun di La MaMa.

Ketika Lane berusia 11 tahun, dia berperan dalam produksi Joseph Papp dari The Cherry Orchard, bersama Meryl Streep dan Irene Worth. Pada saat ini, Lane terdaftar dalam program akselerasi di Hunter College High School. Namun, nilainya menderita karena jadwalnya yang padat.

Ketika Lane berusia 13 tahun, dia menolak peran dalam Runaways on Broadway untuk membuat debut filmnya berlawanan dengan Laurence Olivier dalam A Little Romance (1979) karya George Roy Hill. Lane mendapat pujian yang tinggi dari Olivier, yang menyatakan dia “The New Grace Kelly”. Pada saat yang sama, Lane ditampilkan di sampul Time, yang menyatakannya sebagai salah satu “Whiz Kids” Hollywood.

Pada awal 1980-an, Lane membuat transisi yang sukses dari aktor cilik menjadi bintang dewasa. Dia berperan sebagai penjahat wanita remaja Little Britches di Lamont Johnson’s Cattle Annie and Little Britches (1981), dengan Amanda Plummer dalam peran debutnya sendiri sebagai Cattle Annie.

Dia memainkan peran Heather “Breezy” di Six Pack (1982). Penampilan terobosan Lane datang dengan adaptasi back-to-back dari novel dewasa muda oleh S. E. Hinton, diadaptasi dan disutradarai oleh Francis Ford Coppola: The Outsiders dan Rumble Fish (keduanya pada tahun 1983).

Kedua film tersebut juga menampilkan penampilan yang mengesankan dari sejumlah aktor pria muda yang akan menjadi pria terkemuka Hollywood dalam dekade berikutnya (serta anggota yang disebut “Brat Pack”), termasuk Tom Cruise, Rob Lowe, Judd Nelson, C. Thomas Howell, Emilio Estevez, Patrick Swayze, Mickey Rourke, Nicolas Cage dan Matt Dillon.

Perbedaan Lane di antara para pemeran pria yang berat ini memajukan karirnya sambil menghubungkannya dengan aktor pria generasi muda ini. Andy Warhol memproklamirkannya, “pemeran utama wanita tak terbantahkan dari kelompok tikus baru Hollywood”.

Namun, dua film yang bisa melambungkannya menjadi bintang film, Streets of Fire (dia menolak Splash dan Risky Business untuk film ini) dan The Cotton Club (keduanya pada tahun 1984), keduanya kritis dan komersial. gagal, dan karirnya merana sebagai hasilnya.

Setelah The Cotton Club, Lane keluar dari bisnis pertunjukan dan tinggal bersama ibunya di Georgia. Menurut Lane, “Saya sudah lama tidak dekat dengan ibu saya, jadi kami memiliki banyak pekerjaan rumah. Kami harus memperbaiki hubungan kami karena saya ingin ibu saya kembali.”

1986–2009: Pengakuan dan pujian kritis di seluruh dunia

Pada tahun 1987, Lane kembali ke layar lebar untuk tampil dalam drama thriller neo-noir The Big Town dan film thriller karya Karen Arthur Lady Beware, tetapi Lane tidak membuat kesan besar lagi pada penonton yang cukup besar sampai miniseri televisi yang populer dan diakui secara kritis tahun 1989, Lonesome. Dove, dan dinominasikan untuk Primetime Emmy Award untuk perannya.

Juga, pada tahun 1989, Lane kembali ke panggung untuk memerankan Olivia di Twelfth Night di American Repertory Theatre di Cambridge, Massachusetts. Lane mengambil jeda lagi dari teater hingga 2012. Dia hampir saja berperan sebagai Vivian Ward dalam komedi romantis tahun 1990 Pretty Woman (yang memiliki naskah yang jauh lebih gelap pada saat itu), tetapi karena konflik penjadwalan, tidak dapat mengambil peran tersebut.

Rupanya, perlengkapan kostum dibuat untuk Lane, sebelum peran itu berlanjut ke Julia Roberts. Lane menerima ulasan positif untuk penampilannya dalam komedi hitam Stacy Cochran, My New Gun (1992), yang diterima dengan baik di Festival Film Cannes. Dia kemudian tampil sebagai aktris Paulette Goddard dalam film biografi Sir Richard Attenborough tentang Charles Chaplin, Chaplin (1992).

Antara 1993 dan 1998, Lane muncul dalam delapan film, termasuk drama komedi Indian Summer (1993), aksi fiksi ilmiah Judge Dredd (1995), Western Wild Bill (1995), drama komedi dewasa Jack ( 1996), komedi kriminal Mad Dog Time (1996), dan film thriller aksi Murder at 1600 (1997).

Baru pada tahun 1999 Lane mendapatkan pengakuan kritis dan publik lebih lanjut untuk perannya dalam drama A Walk on the Moon. Film ini juga dibintangi oleh Viggo Mortensen, Liev Schreiber dan Anna Paquin. Salah satu pengulas menulis, “Lane, setelah bertahun-tahun dalam limbo karir pasca-remaja, sangat efektif”.

Sutradara film, Tony Goldwyn, menggambarkan Lane memiliki “seksualitas berpotensi vulkanik yang sama sekali tidak sadar diri atau oportunistik.” Lane mendapatkan nominasi Independent Spirit Award untuk Best Female Lead. Pada saat ini, dia tertarik untuk membuat film tentang aktris Jean Seberg, di mana dia akan memerankan Seberg. Namun, proyek itu gagal.

Pada tahun 2000, Lane membintangi dua film, drama keluarga My Dog Skip, dan drama biopik bencana The Perfect Storm. Dalam film terakhir ia memainkan minat cinta Mark Wahlberg dan film tersebut meraup $328 juta di seluruh dunia di box-office. Tahun berikutnya ia membintangi dua film, film thriller misteri psikologis The Glass House, dan drama komedi olahraga Hardball, bersama Keanu Reeves.

Pada tahun 2002, ia membintangi bersama Richard Gere dalam Unfaithful, sebuah drama thriller yang disutradarai oleh Adrian Lyne dan diadaptasi dari film thriller kriminal Prancis 1969 The Unfaithful Wife. Lane memerankan Constance “Connie” Sumner, seorang ibu rumah tangga yang berselingkuh dengan seorang pedagang buku misterius.

Film ini menampilkan beberapa adegan seks, dan pengambilan berulang Lane untuk adegan-adegan ini sangat menuntut aktor yang terlibat, terutama untuk Lane, yang harus sehat secara emosional dan fisik untuk durasi tersebut.

Unfaithful meraup $ 119 juta di seluruh dunia di box-office, tetapi menerima tinjauan beragam, meskipun Lane mendapat pujian luas untuk penampilannya. Selain memenangkan National Society of Film Critics Award dan New York Film Critics Circle Award, ia juga menerima nominasi Academy Award dan Golden Globe Award.

Kritikus Entertainment Weekly Owen Gleiberman menyatakan bahwa “Lane, dalam penampilan paling mendesak dalam kariernya, adalah pengungkapan. Permainan nafsu, romansa, degradasi, dan rasa bersalah di wajahnya adalah kisah nyata film itu”.

Mengikuti Unfaithful, Lane membintangi Audrey Wells’s Under the Tuscan Sun (2003), sebuah film drama komedi romantis berdasarkan memoar terlaris tahun 1996 dengan nama yang sama oleh Frances Mayes. Untuk penampilannya di Under the Tuscan Sun, Lane memenangkan nominasi Golden Globe Award lebih lanjut. Ini diikuti oleh peran utama dalam drama thriller independen Fierce People (2005), komedi romantis Must Love Dogs (2005), dan misteri periode neo-noir Hollywoodland (2006).

Pada tahun 2008, Lane bersatu kembali dengan Gere untuk drama romantis Nights in Rodanthe. Ini adalah film ketiga Gere dan Lane yang dibintangi bersama, dan didasarkan pada novel dengan nama yang sama oleh Nicholas Sparks.

Baca Juga : Perjalanan Karir Ruby Dee, Aktris dan Penulis Naskah Drama Asal Ohio

Lane juga ikut membintangi Jumper dan Untraceable di tahun yang sama. Dia kemudian muncul di Killshot bersama Mickey Rourke, yang diberikan rilis teater terbatas sebelum dirilis di DVD pada tahun 2009. Saat mempromosikan Nights in Rodanthe, dia menyatakan frustrasi dengan typecast dan menyatakan bahwa dia “menembak untuk sesuatu yang tidak begitu simpatik. Saya harus menjadi perempuan jalang, dan saya harus berada dalam komedi.

Saya sudah memutuskan. Tidak ada lagi Miss Nice Guy.” Lane bahkan sempat mempertimbangkan untuk berhenti berakting dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya jika dia tidak bisa mendapatkannya. peran-peran seperti ini. Dia berkata dalam sebuah wawancara, “Saya tidak bisa melakukan sesuatu yang resmi. Agen saya tidak akan membiarkan saya. Antara Anda dan saya, saya tidak punya hal lain yang akan keluar.”