July 24, 2021
Breaking News

Helen Hunt, Aktris Amerika Yang Mendapat Berbagai Penghargaan Bergengsi

Helen Hunt, Aktris Amerika Yang Mendapat Berbagai Penghargaan Bergengsi – Helen Elizabeth Hunt (lahir 15 Juni 1963) adalah seorang aktris dan pembuat film Amerika. Dia adalah penerima berbagai penghargaan, termasuk Academy Award dan empat Emmy Awards.

Helen Hunt, Aktris Amerika Yang Mendapat Berbagai Penghargaan Bergengsi

gonemovies – Hunt menjadi terkenal dengan memerankan Jamie Buchman dalam sitkom Mad About You (1992–1999, 2019), yang membuatnya mendapatkan tiga Penghargaan Golden Globe untuk Aktris Terbaik dalam Serial Televisi Musikal atau Komedi dan empat Penghargaan Emmy Primetime untuk Aktris Utama Luar Biasa dalam sebuah Seri komedi.

Baca Juga : Steve Martin, Aktor Komedian Amerika Yang Telah Mendapatkan 5 Grammy Award

Hunt memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik karena berperan sebagai Carol Connelly dalam komedi romantis As Good as It Gets (1997), sementara perannya sebagai Cheryl Cohen-Greene dalam The Sessions (2012), membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award tambahan untuk Best Aktris Pendukung.

Hunt membuat debut film penyutradaraannya dengan Then She Found Me (2007), dan telah menyutradarai film Ride (2014), dan episode serial televisi termasuk House of Lies, This Is Us, Feud: Bette and Joan, American Housewife, dan the episode perdana kebangkitan Mad About You.

Masa muda

Helen Hunt lahir di Culver City, California. Ibunya, Jane Elizabeth (née Novis), bekerja sebagai fotografer, dan ayahnya, Gordon Hunt, adalah seorang sutradara film, pengisi suara dan panggung serta pelatih akting. Pamannya, Peter H. Hunt, juga seorang sutradara.

Nenek dari pihak ibu, Dorothy (Anderson) Fries, adalah seorang pelatih suara, Nenek dari pihak ayah Hunt berasal dari keluarga Yahudi-Jerman, sedangkan kakek-nenek Hunt lainnya adalah keturunan Inggris (kakek dari pihak ibu lahir di Inggris), dengan latar belakang agama Metodis.

Ketika dia berusia tiga tahun, keluarga Hunt pindah ke New York City, di mana ayahnya mengarahkan teater dan Hunt menghadiri drama sebagai seorang anak beberapa kali seminggu. Hunt belajar balet, dan sempat kuliah di University of California, Los Angeles.

Hunt mulai bekerja sebagai aktris cilik pada 1970-an. Peran awalnya termasuk penampilan sebagai putri Murray Slaughter di The Mary Tyler Moore Show, sebagai putri karakter utama George Segal di Rollercoaster (1977), bersama Lindsay Wagner dalam episode The Bionic Woman, penampilan di episode Ark II disebut “Omega”, dan peran reguler dalam serial televisi The Swiss Family Robinson.

Dia muncul sebagai teman sekelas perokok ganja di sebuah episode The Facts of Life. Pada tahun 1982, Hunt memerankan seorang wanita muda yang, saat berada di PCP, melompat keluar dari jendela lantai dua, dalam film yang dibuat untuk televisi berjudul Desperate Lives (sebuah adegan yang dia ejek selama monolog Saturday Night Live pada tahun 1994), dan dia berperan dalam sitkom ABC It Takes Two, yang hanya berlangsung satu musim.

Pada tahun 1983, ia membintangi Bill: On His Own, dengan Mickey Rooney dan memerankan Tami Maida dalam produksi berbasis fakta Quarterback Princess. keduanya dibuat untuk film televisi. Dia juga memiliki peran berulang di St. Elsewhere sebagai Colleen Williams, pacar Jack “Boomer” Morrison, dan memiliki penampilan tamu penting sebagai calon ibu yang terkena kanker dalam episode dua bagian dari Highway to Heaven.

Pada pertengahan dan akhir 1980-an, Hunt mulai muncul di film-film studio yang ditujukan untuk penonton remaja. Peran film besar pertamanya adalah sebagai gadis punk rock dalam film sci-fi Trancers (1984). Dia berperan sebagai teman seorang tentara nakal dalam komedi Girls Just Want to Have Fun (1985), dengan Sarah Jessica Parker dan Shannen Doherty, dan muncul sebagai putri seorang wanita di ambang perceraian di Francis Ford Coppola’s Peggy Sue Got Married (1986), bersama Kathleen Turner.

Pada tahun 1987, Hunt membintangi Matthew Broderick di Proyek X, sebagai mahasiswa pascasarjana yang ditugaskan untuk merawat simpanse yang digunakan dalam proyek rahasia Angkatan Udara. Pada tahun 1988, ia muncul di Stealing Home, sebagai Hope Wyatt, saudara perempuan Billy Wyatt, diperankan oleh Mark Harmon dan pemeran yang menampilkan Jodie Foster dan Harold Ramis. Next of Kin (1989) menampilkannya sebagai istri hamil dari seorang pengacara terhormat, berlawanan dengan Patrick Swayze dan Liam Neeson.

1990-an

Pada tahun 1990, Hunt muncul dengan Tracey Ullman dan Morgan Freeman dalam versi Wild West dari The Taming of the Shrew, di Teater Delacorte di Central Park. Pada tahun 1991, Hunt membintangi Trancers II, sekuel langsung ke video dari Trancers (1984), dan memainkan peran utama wanita dalam sitkom My Life and Times, yang hanya ditayangkan selama 6 episode.

Pada tahun 1992, ia akan muncul dalam drama The Waterdance sebagai wanita yang sudah menikah berselingkuh dengan seorang penulis. dalam komedi harem Only You, sebagai agen perjalanan dan minat cinta perancang rumah boneka. dalam mockumentary Bob Roberts, sebagai Rose Pondell, reporter lapangan di WLNO, dan di Mr. Saturday Night, sebagai agen muda bernama Annie Well. Trancers III, sekuel kedua dari seri Trancers, termasuk di antara lima film yang dia rilis pada tahun 1992.

Hunt menjadi terkenal di Amerika Utara dengan sitkom Mad About You (1992–99), di mana ia membintangi lawan main Paul Reiser, sebagai spesialis hubungan masyarakat dan setengah dari pasangan di NYC.

Dia kemudian memenangkan Emmy Awards untuk penampilannya pada tahun 1996, 1997, 1998, dan 1999.Untuk musim terakhir acara tersebut, Reiser and Hunt menerima $1 juta ($1,6 juta hari ini) per episode. Dia menyutradarai beberapa episode Mad About You, termasuk seri terakhir.

Pada tahun 1995, Hunt berperan sebagai istri seorang mantan narapidana yang tinggal di Queens, bersama Nicolas Cage, dalam Kiss of Death, sebuah remake yang sangat longgar dari film noir klasik 1947 dengan nama yang sama. Dalam film aksi bencana Twister (1996), Hunt membintangi Bill Paxton sebagai pemburu badai yang meneliti tornado.

Kedua aktor untuk sementara dibutakan oleh lampu elektronik yang terang di tengah-tengah pembuatan film, dan membutuhkan suntikan hepatitis setelah syuting di selokan yang sangat tidak bersih. Twister adalah film terlaris kedua tahun 1996 di dalam negeri, dengan perkiraan 54.688.100 tiket terjual di AS. Itu menghasilkan US$494,5 juta di seluruh dunia.

Hunt kemudian memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik dalam komedi romantis As Good as It Gets (1997), di mana ia mengambil peran sebagai pelayan dan ibu tunggal yang menemukan dirinya jatuh cinta dengan romansa obsesif-kompulsif misantropis. novelis, diperankan oleh Jack Nicholson.

Hunt dan Nicholson bergaul dengan baik selama pembuatan film, dan mereka langsung terhubung: “Itu bahkan tidak seperti yang kami katakan”, tambah Hunt. “Itu hanya beberapa frekuensi kami berdua bisa menyetel yang sangat, sangat kompatibel.” Penulis dan penulis skenario Andrew Horton menggambarkan hubungan mereka di layar seperti “api dan es, minyak dan air tampaknya sangat bertolak belakang”.

Meskipun demikian, Hunt adalah rekan sempurna Nicholson, dan memberikan “pertunjukan yang sangat menakjubkan”, tulis kritikus Louise Keller. Film tersebut meraih sukses box office yang luar biasa, meraup US$314 juta di seluruh dunia. Pada tahun 1998, ia memainkan bunga cinta Moe Szyslak di The Simpsons episode “Dumbbell Indemnity”, dan bermain Viola di Malam Kedua Belas Shakespeare, di Lincoln Center di New York.

2000-an

Dua dari empat film Hunt yang dirilis pada tahun 2000—komedi Dr. T & the Women dan drama Pay It Forward keduanya dirilis pada bulan Oktober. Sementara yang pertama menampilkannya sebagai salah satu wanita yang mencakup kehidupan sehari-hari seorang ginekolog kaya, berlawanan dengan Richard Gere, yang kedua membintanginya sebagai minat cinta seorang guru sekolah dasar yang terluka secara fisik dan emosional, diperankan oleh Kevin Spacey.

Kritikus Roger Ebert menyoroti penampilannya di Pay It Forward, meskipun menganggap film itu sendiri “terlalu manipulatif secara emosional”. Dua film 2000 lainnya, komedi romantis What Women Want, dan drama Cast Away dirilis pada bulan Desember, dengan penerimaan box office yang luar biasa.

Dalam What Women Want, Hunt membintangi Mel Gibson sebagai rekan kerja dan kekasih seorang eksekutif Chicago, dan di Cast Away, ia memerankan pacar jangka panjang seorang karyawan FedEx yang terdampar di pulau tak berpenghuni, bersama Tom Hanks.

Hunt membintangi Woody Allen’s The Curse of the Jade Scorpion (2001), sebagai ahli efisiensi yang dihipnotis oleh penghipnotis yang bengkok untuk mencuri permata. Terlepas dari keberhasilan film yang terbatas, Roger Ebert menegaskan: “Hunt secara khusus bersenang-senang dengan peran dame yang gila, mungkin, berutang sesuatu, mungkin, kepada Rosalind Russell dalam His Girl Friday.”

Pada tahun 2003, Hunt kembali ke Broadway di Yasmina Reza’s Life x 3, dan pada tahun 2004, ia membintangi drama A Good Woman, sebagai seorang femme fatale pada tahun 1930-an NYC. AV Club, dalam ulasannya untuk yang terakhir, berkomentar: “Helen Hunt terlihat tidak pada tempatnya saat mencoba memainkan penggoda yang terkenal”.

Dia berperan sebagai sosialita, sebagai bagian dari pemeran ansambel, dalam drama Emilio Estevez Bobby (2006), tentang jam-jam menjelang pembunuhan Robert F. Kennedy. Sebagai anggota pemeran, dia dinominasikan untuk Screen Actors Guild Award untuk Pemeran Terbaik dalam Film, tetapi memenangkan Penghargaan Festival Film Hollywood untuk Pemeran Ensemble Terbaik.

Hunt membuat debut penyutradaraan film fiturnya di Then She Found Me (2007), di mana ia juga berperan sebagai guru sekolah dasar Brooklyn berusia 39 tahun, yang setelah bertahun-tahun dihubungi oleh pembawa acara bincang-bincang lokal yang flamboyan, diperankan oleh Bette Midler, yang memperkenalkan dirinya sebagai ibu kandungnya.

Baca Juga : Edie Adams, Aktris Komedi Yang Memenangkan Tony Award dan Nominator Emmy Award

Setelah pertama kali membaca novel Elinor Lipman, dia mencoba menarik minat banyak studio dalam materi tersebut, dan usahanya yang gagal membuatnya mulai menulis skenario dan mengumpulkan dana untuk memproduksinya sendiri. Setelah dirilis, Ruthe Stein dari San Francisco Chronicle mengamati, “Anda akan berpikir bahwa pemuatan awal Then She Found Me dengan begitu banyak plot akan membuatnya bermain seperti opera sabun.

Tapi Hunt menyelamatkan film dari nasib ini dengan dua cara. Pertama dia berubah menjadi pertunjukan nyata yang menyentuh, yang terbaik dalam karier layar lebarnya. Lupakan bahwa Sebagus Itu Mendapatnya memenangkan Oscar. Dia ribuan tahun lebih baik dan lebih realistis dalam yang satu ini Dengan mengarahkan Then She Found Me, Helen menjadi penyelamatnya juga Hunt tahu kapan harus mengendalikan Divine Miss M alih-alih membiarkannya masuk ke mode Kabuki penuh. juga membujuk penampilan sempurna dari Broderick dan Firth.”