Ernest Prakasa

Kesuksesan Komedian Ernest Prakasa di Industri Perfilman

Spread the love

Lahir di Jakarta pada 29 Januari 1982, berarti saat ini Ernest Prakasa berusia 36 tahun. Angka yang terbilang masih muda untuk seorang jebolan stand up comedy 2011 yang saat ini menjadi aktor sekaligus director film terkenal di Indonesia. Siapa yang tak kenal Ernest Prakasa? Bahkan seorang keturunan Tionghoa ini wajahnya sudah tak asing lagi di televisi.

Ernest Prakasa memang mengawali karirnya sebagai comedian, dimana seiring berjalannya waktu, Ernet mengembangkan bakatnya di industri film. Tak tanggung-tanggung, di awal karirnya di entertainment, Ernet berhasil merilis 3 film berturut-turut yakni Ngenest tahun 2015, Cek Toko Sebelah tahun 2016 dan Susah Sinyal tahun 2017. Ketiga film ini pun mendapatkan antusiasme yang tinggi dari penikmat film Indonesia. Apalagi, film-film garapan Ernet Prakasa yang juga ia bintangi sendiri sangat sarat akan nilai kehidupan.

Cek Toko Sebelah

Berbicara tentang biografi aktor dan direktor terkenal seorang Ernet Prakasa, dahulunya ia adalah seorang penyiar radio yang menyambi kuliah di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjajaran. Ia bahkan sempat menggeluti dunia musik dengan bergabung bersama Universal Music, Sony Music dan Dr.m digital. Hampir 6 tahun lamanya Ernet menggeluti industri musik. Sampai pada akhirnya Ernet memutuskan untuk mengikuti ajang Stand Up Comedy (SUCI) di tahun 2011. Bahkan ia telah mendirikan komunitas pelawak tunggal pertama di negara ini dan ketuai oleh dirinya sendiri. Ernet mendirikan komunitas tersebut bersama Raditya Dika, Isman H, Pandji Pragiwakson dan Ryan Andriandhy.

Perjalanan karir Ernet Prakasa sebagai comedian memang tidak main-main. Hal tersebut juga terbukti dari tur komedi pertamanya pada tahun 2012 dengan menjelajah 11 kota di Indonesia. Di tahun 2013 pun ia kembali melakukan tur keduanya dengan menyambangi 17 kota besar di Indonesia.

Tercatat dalam biografi aktor dan direktor terkenal seorang Ernet Prakasa, ia mengawali debutnya sebagai penulis dan sutradara di tahun 2015 melalui karya cipta filmnya yang berjudul “Ngenest”. Film pertamanya yang juga ia bintangi sendiri ini berhasil meraih penghargaan sebagai Skenario Adaptasi Terbai. Bahkan film ini juga membawa pulang Piala Maya, satu penghargaan Festival Film Bandung dan tiga penghargaan Indonesia Box Office Awards.

Mengusung film dengan genre komedi, Cek Toko Sebelah menjadi film kedua Ernest yang berhasil mencapai hingga 2,6 juta penonton, banyak anggota agen bola juga turut menontonnya. Terhitung lebih sukses dari film sebelumnya, film ini membawa Ernest mendapatkan penghargaan sebagai Best Director dalam ajang Jogja-NETPAC ASIAN Film Festival 2017. Hingga saat ini, Ernest Prakasa mengaku lebih fokus untuk mengembangkan kemampuannya dalam menggarap film-film baru.
Itulah sedikit informasi tentang biografi aktor dan direktor terkenal seorang Ernet Prakasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *